Tips Memilih Pompa Air Kolam Renang

Kolam renang merupakan suatu sistem komplek yang terdiri dari beberapa komponen seperti sirkulasi, filterisasi, dan lain sebagainya. Sistem ini melibatkan banyak peralatan yang dikhususkan untuk kolam renang. Salah satunya adalam pompa air. Pompa ini berguna untuk mengalirkan air menuju ke filter untuk disaring dan dikeluarkan kembali dalam keadaan bersih. Dengan meningkatnya permintaan akan pompa, ketersediaan pompa di pasaranpun semakin beragam. Untuk itu, bagi anda yang bingung dalam memilihnya, berikut adalah tips memilih pompa kolam renang. Berikut ini merupakan tips memilih pompa air kolam renang.

1. Berdasarkan Ukuran Kolam

Pilih pompa sesuai ukuran kolam renang dan ketahui kapasitas aliran dalam sirkulasi kolam. Sesuaikan jenis dan kapasitas pompa yang tepat untuk volume air. kapasitas pompa yang terlalu kecil untuk volum air yang besar akan menyebabkan pompa over heat dan tidak bekerja secara maksimal.

2. Sesuaikan Pompa dengan Ruangan

Kolam indoor biasanya memiliki ruangan yang terbatas, sehingga idealnya menggunakan pompa yang kecil. Tetapi, untuk kolam outdoor, anda bisa menggunakan pompa yang besar karena ruangan yang tersedia relatif lebih besar. Sebaiknya pada saat pemilihan pompa pertimbangkan ruangan yang tersedia agar pompa yang dipasang sesuai dengan kolam renang.

3. Berdasarkan Spesifikasi

Untuk kolam rumah yang berukuran kecil gunakan pompa dengan daya redah. Jenis pompa ini memiliki daya yang kecil, yaitu 750 watt. Hindari penggunaan pompa kolam yang berdaya tinggi dan terlalu kuat karena bisa menghambat proses filtrasi sehingga proses penyaringan tidak maksimal. Selain itu, pompa yang terlalu kuat bisa menyebabkan kerusakan pada filter kolam renang.

4. Ukuran Pompa yang Sesuai

Pompa yang digunakan harus sesuai ukuran. Ukuran yang terlalu kecil akan berakibat pada proses sirkulasi yang berjalan lambat sehingga kotoran kolam juga akan mengendap di dasar kolam dan membutuhkan waktu lama untuk menyaring kotoran. Namun ukuran pompa besar bisa mengikis pipa dan menyebabkan pipa pecah serta merusak inlet fitting kolam renang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *