Perawatan Kolam Renang Dapat Mencegah Penyakit Berbahaya

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat tidak tertular penyakit berbahaya salah satu caranya adalah dengan olahraga yang teratur, Dengan olahraga yang teratur dapat menjaga bentuk tubuh dan berat badan tetap proporsional. Semua olahraga apapun itu usahakan harus lakukan secara rutin, apalagi olahraga yang satu ini yaitu Renang.

Berenang sangat baik sekali untuk menjaga kebugaran tubuh, melatih saraf motorik juga melatih otot tangan dan kaki. Dalam ilmu kedokteran renang sangat dianjurkan untuk mengontrol emosional motorik kita, juga membantu kita tetap tenang dan tidak stress.

Namun, untuk olahraga ini perlu sarana yang tidak murah, yaitu kita perlu memiliki kolam renang, iya kaan..

Tenang saja, sekarang ini sudah banyak sekali kolam renang umum di sekitaran kita, kadang di hari libur mereka banyak promo bagi pengunjung. namun kekurangan kolam renang umum adalah kita tidak bisa memantau kesehatan air kolam renang nya, tidak seperti kolam renang pribadi yang kita rawat setiap harinya..


Sebelum olahraga renang sebaiknya anda harus memperhatikan kondisi kolam seperti dibawah ini :

1. Jangan berenang di air bau

Jika kolam renang anda mengeluarkan bau tak sedap dan airnya tampak kotor, jangan sekali-kali dipakai oleh anak atau anda sendiri, karena berenang di kolam yang bau tersebut dapat menyebabkan kita terserang berbagai penyakit berbahaya. Disitulah pentingnya perawatan kolam renang rutin untuk menghindari kolam kotor dan bau.

Untuk itu sebelum berenang cek semua kondisi kesehatan air kolam renang, untuk pengecekan anda dapat menggunakan alat Teskit untuk tau kadar air kolam pada saat itu.

2. Jangan berenang jika ada luka

jika kondisi tubuh anda sedang kurang sehat bahkan ada luka, jangan berenang di kolam renang karena pada saat seperti itu, karena selain menambah gangguan penyakit juga bisa menyebarkan kuman di air kolam yang dapat menularkan pada perenang yang lain.

Sebaiknya tunggu sampai luka itu benar-benar sembuh agar kolam renang tetap sehat dan tidak tertular.

3. Batasi waktu renang

Memiliki kolam renang sendiri memang sangat bahagia sehingga membuat kita lupa berapa lama kita sudah berada di dalam air. namun tahukah anda? berenang yang telalu lama dapat menyebabkan dehidrasi karena kekurangan cairan di dalam tubuh kita, karena tekanan yang terus menerus.

Batasi waktu renang anda antara 15 – 60 Menit saja, untuk pemula dapat lakukan sekitar 20 menit saja, gunanya pembatasan waktu ini adalah mengukur kekuatas otot radang di dalam tubuh kita.

Juga ada faktor yang penting sebelum memulai berenang yaitu minumlah yang banyak dan mulailah dengan pemanasan terlebih dahulu, kegunaannya adalah menghindari kram pada otot-otot kita terutama pada kaki.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *